Blog

Air Terjun Grojogan Sewu, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia

Air Terjun Grojogan Sewu, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia
Air Terjun Grojogan Sewu, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia

Ternyata di Kabupaten Kulonprogo ada air terjun yang tidak kalah cantik dibanding air terjun lain yang pernah saya kunjungi. Ya, Air Terjun Grojogan Sewu yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang tergolong spot favorit saya di Kecamatan Girimulyo. Kemarin Sabtu, 07 Februari 2015 saya berkesempatan untuk mengunjungi air terjun ini karena memang jarak tempuh dari rumah yang tidak terlalu jauh. Apabila dari pusat Kota Jogja, untuk mencapai tempat ini cukup mudah, cukup mengikuti Jalan Godean hingga menemui perempatan Kenteng, Nanggulan, dari persimpangan tersebut kita masih lurus menuju Pasar Jonggrangan. Sesampainya di Pasar Jonggrangan petunjuk menuju air terjun ini sudah sangat jelas dan mudah.

Air Terjun Grojogan Sewu memiliki keistimewaan yang menurut saya sangat indah. Keindahan tersebut terdapat pada batu-batu yang terletak di sekitar air terjun ini yang terbentuk mirip seperti terbentuknya stalakmit atau stalaktit yang sering terdapat di dalam goa. Mungkin karena daerah ini juga merupakan daerah Karst sehingga batuan yang terdapat disini terbentuk dari proses pelarutan air di daerah kapur secara terus-menerus.

Sebenarnya saya tiba di tempat ini sekitar Pukul 12.00 WIB, namun karena saya merasa cahaya masih sangat terang saya memutuskan untuk mampir ke warung sejenak untuk sekedar melepas dahaga. Sekitar pukul 15.00 WIB saya baru menuju ke air terjun ini karena matahari sudah mulai condong ke arah barat sehingga cahaya yang jatuh lebih lembut dan lebih indah untuk diabadikan dalam sebuah foto. Tanpa pikir panjang saya langsung menancapkan tripod saya di posisi yang menurut saya paling baik untuk mengabadikan foto pemandangan disini. Tidak ketinggalan kali ini saya menambahkan filter CPL untuk menghindari glare yang timbul akibat pantulan cahaya matahari di permukaan air.

22 COMMENTS
  • mawi wijna
    Reply

    Foto yang di atas itu kayaknya dirimu kurang geser ke kiri deh Na. Eh, tapi dulu kayaknya aku juga pernah motret dari sudut itu tapi komposisinya nggak pas. Atau malah foto dengan sudut yg kayak di atas itu tapi batuan yg di kiri itu dipapras biar nggak menghalangi view ke air terjun, hahaha. 😀

    Kalau situasi kondusif menurutku jam 7 – 8 pagi di hari kerja. Nggak banyak orang yg dateng. Eh, itu dirimu pakai CPL merk apa e?

    1. Admin
      Reply

      Yoi mas…emang sedikit mengganggu batuannya ya…kemarin konsen cari sudut yang sedikit tinggi biar langitnya ga ngikut dan pohon dibelakang lebih solid…hehehe…
      CPL aku pakai Hoya mas…

  • Telo_Gosonk
    Reply

    mbok aku meluuuuuuu,,, hehee

    1. Admin
      Reply

      lha bar ndene je kang…next destination kemana yuk…

  • angki
    Reply

    wah mantep dah para master berkumpul di sini saya salam sungkem….. dari penunggu grojogan sewuu.. mas wijna saya ijin yah kemarin gak ikut terbvasan ke purworejo haha haseeehh…

    1. Admin
      Reply

      hehehe…nunggu penunggu pulau kumpul juga…

  • annosmile
    Reply

    aku kemarin kesini..tapi pas debitnya diluar batas banyaknya
    ga bisa ambil foto dengan suddut seperti yg itu 😀
    pengen ngulang lagi kapan kalau ada waktu..tapi buka hari libur :v

    1. Admin
      Reply

      makasih dah mampir Mas Anno…woh bener banget tu mas, kalau kesini jangan pas liburan deh…rame minta ampun sekarang udahen…hehehe…

  • catatannobi
    Reply

    wow.. pas sepi 😀
    kesini dua kali g hari libur rame trus 😀

    1. Admin
      Reply

      iya mas Nobi disini udah rame banget…harus sabar nunggu moment…kalo nggak datang sepagi mungkin sebelum orang lain bangun…hehehe…

  • Gie
    Reply

    Wanguun buoss!!

    1. Admin
      Reply

      weh ada bos Gie…nuwun kunjungane kang…lama tak bersua… 🙂

  • missRisna
    Reply

    aku perlu belajar banyak cara foto air terjun darimu mas ^^v

    1. Admin
      Reply

      Ah ngono tok ndadak belajar mbak…masalah air terjun aku sik belajar mbek dirimu… 😀

  • Sie-Thi Nurjanah
    Reply

    Luar biasa. Cantik nian panoramanya, sang fotografer pun andal sekali mengambil angel yg tepat komposisinya serasa hidup gambarnya. Top Mas..

    1. admin
      Reply

      Makasih Mbak Siti… 🙂

  • Rifqy Faiza Rahman
    Reply

    Fotonya bagus Mas, halus. Saya juga penasaran sama sisi luar kota Yogya, di kabupaten-kabupaten yang melingkari kotanya, tergiur sama suasana pedesaan dan alamnya, termasuk Kulonprogo ini 🙂

    1. admin
      Reply

      Iya mas. sekarang pariwisata udah merambah ke pelosok Jogja. Udah pada sadar wisata mungkin ya. 😀

  • Baktiar Sontani
    Reply

    Ke air terjun itu sendiri udah asyik apalagi bisa dapetin momen foto yang pas dan menarik seperti ini… btw nama grojogan sewu ternyata banyak tempat yang make nama yang sama ya..

    1. admin
      Reply

      Emang nama umumm ya. Mungkin awalnya warga sekitar bilang “sewu” karena debit air yang banyak. Nah jadinya banyak yang mengenal grojogan/curug/air terjun sewu. 😀

  • frutablend
    Reply

    Air terjun yg kece di foto sama fotogrsfer yg ok juga jadinya kayak gini,,,

    1. admin
      Reply

      Kalau ke Kulon Progo – Jogja wajib mampir sini. Lagi nge-hits. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *