Blog

Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku, Indonesia

Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku, Indonesia
Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku, Indonesia

4 April 2016 silam Jembatan Merah Putih resmi diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. Jembatan ini membentang di atas Teluk Dalam Pulau Ambon, yang menghubungkan Kecamatan Sirimau pada sisi utara dan Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan dengan panjang 1.140 meter.

Tentu saja jembatan yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia bagian timur ini langsung menjadi kebanggaan dan ikon Kota Ambon. Pembangunan jembatan ini tentu bukan tanpa alasan, jembatan ini dapat mempersingkat waktu perjalanan antara Bandara Pattimura dan pusat Kota Ambon. Sebelumnya masyarakat Ambon harus memutar Teluk Ambon yang berjarak 35 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh selama 60 menit namun saat ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit.

Sabtu 14 Mei 2016 saya berkesempatan berkunjung ke jembatan yang keren ini. Kali ini saya memotret bersama Om Arbain Rambey (Pewarta Foto Senior Kompas) dan teman-teman dari APC (Amboina Photo Community).

Kami berangkat sekitar pukul 17.00 WIT menuju Jembatan Merah Putih. Diawali spot dari Galala kami dapat menikmati arsitektur Jembatan Merah Putih dari bawah. Selain menikmati arsitektur jembatan, dari bawah sini kami dapat melihat kegiatan masyarakat sekitar seperti kegiatan para nelayan hingga anak-anak yang sedang berenang dan bermain air di Teluk Ambon.

Anak-anak bermain di sekitar Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku, Indonesia
Anak-anak bermain di sekitar Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku, Indonesia

Setelah puas, kami pun naik ke atas jembatan. Dari sini kita dapat melihat lebih detil bangunan yang sangat megah ini. Ternyata nama Merah Putih bukan hanya diambil berdasarkan bendera kebangsaan Indonesia, namun berlatar belakang terjadinya konflik di Maluku pada tahun 1999 sampai 2002, golongan Kristen disebut sebagai “golongan merah”, sementara golongan Muslim disebut “golongan putih”. Jadi jembatan ini menjadi simbol perdamaian, persatuan serta lambang kebersamaan antar warga Maluku. Merah dan putih juga dapat dilihat pada warna tali pancang yang terdapat pada jembatan ini.

Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku, Indonesia
Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku, Indonesia

Saat matahari terbenam seperti ini adalah waktu favorit bagi masyarakat sekitar untuk menikmati pemandangan dari atas jembatan. Dari atas Jembatan Merah Putih kita bisa menikmati pemandangan Teluk Ambon berlatar belakang gemerlapnya lampu-lampu kota. Menikmati pemandangan yang indah bersama teman-teman yang istimewa tentu menciptakan kenangan yang tidak mungkin terlupakan.

Pemandangan Kota Ambon dari atas Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku, Indonesia
Pemandangan Kota Ambon dari atas Jembatan Merah Putih, Ambon, Maluku, Indonesia
12 COMMENTS
  • mawi wijna
    Reply

    Cakep sekali Bro fotonya. Semoga suatu saat bisa mampir ke sana. Eh, kalau motret di tempat terbuka seperti ini di Ambon itu kondisinya aman atau rawan?

    1. admin
      Reply

      Makasih Bro Mawi. Amin, semoga mblusuk bisa segera ke sana. Kalau aku kemarin malah dapat banyak teman di sana bro. Bahkan ada teman yang harus naik kapal 6 jam dibelain cuma mau ketemu dan nemenin. Masyarakat disana juga sangat bersahabat. Jadi isu keamanan sama sekali ga ada dalam pikiranku.

  • » Kuncup di Ladang | lifkadarsih : just scribble
    Reply

    […] was very surprised for the pendants, thanks my iyunk.. […]

  • Pantai Pintu Kota, Ambon, Maluku, Indonesia – Andana Paringga Photography
    Reply

    […] Foto Senior Kompas) berkesempatan memotret arsitektur dan pemandangan matahari terbenam di Jembatan Merah Putih, kali ini saya melanjutkan perjalanan ke pantai yang juga menjadi ikon Kota Ambon. Ya, saya […]

  • fajar rois
    Reply

    Sepintas tak pikir ini jembatan suramadu eh ternyata kembarannya yang ada di Ambon :D…

    1. admin
      Reply

      Iya secara umum mirip ya mas. 😀

  • Alris
    Reply

    Sebelum jembatan diresmikan saya beberapa kali memancing dibawah jembatan itu. Ini memang ikon baru kota Ambon.

    1. admin
      Reply

      Iya, saat saya mampir kesini sangat terlihat sekali ekspresi bahagia dari masyarakat sekitar. Selain faktor ekonomi tentu faktor pariwisata Ambon jadi semakin maju.

  • Chocky Sihombing
    Reply

    Jembatan ini akhirnya sudah nyambung ya… good! akhir 2015 lalu masih belum nyambung 100%, dan kalau ke bandara masih harus melipir pantai.. 😀

    1. admin
      Reply

      Iya, saya ngobrol sama teman-teman disana juga mereka cerita bahwa JMP ini sangat membantu. Ada temen cewek juga jadi berani pulang agak malem karena sekarang udah deket. Dulu takut karena jauh harus muter. 😀

  • WakaWakaSports
    Reply

    View dari jembatan sangat bagus, cocok buat nongkrong,,,

    1. admin
      Reply

      tapi hati2 lho…soalnya dibawah laut dalam… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *