Blog

Pantai Banyu Tibo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia

Pantai Banyu Tibo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia
Pantai Banyu Tibo, Pacitan, Jawa Timur, Indonesia

Perjalanan kali ini saya tertarik untuk menjelajahi sisi selatan Pacitan, Jawa Timur. Lebih tepatnya kawasan pantai-pantainya. Tujuan pertama saya adalah Pantai Banyu Tibo yang berada di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Letak pantai ini ada di Desa Widoro yang merupakan perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Jawa Timur.

Setelah melakukan perjalanan selama kurang lebih 3 jam dari Jogja dengan menggunakan sepeda motor sayapun tiba di pantai ini. Seperti namanya “Banyu Tibo” (jawa : air jatuh), Pantai Banyu Tibo memiliki ciri khas berupa air terjun yang langsung jatuh ke bibir pantai. Aliran air yang berasal dari mata air pegunungan ini mengalir cukup deras sehingga menciptakan pemandangan yang berbeda dari pantai-pantai lain. Pantai ini tidak memiliki area pasir yang cukup luas dan hanya memiliki susunan batuan kapur yang mengelilingi pantai. Bagi anda yang ingin bermain air dan pasir mungkin perlu menunggu air laut surut agar dapat turun ke bibir pantai karena apabila air laut sedang pasang kita hanya dapat menikmati pemandangan dari atas batu karang di sekeliling pantai.

Sepertinya saya datang di saat yang tepat yaitu dimana air laut sedang pasang. Saya memang menunggu moment saat air laut pasang karena saat itulah pertemuan antara air tawar dengan air laut terlihat sangat jelas. Setelah berkeliling sebentar untuk menentukan komposisi terbaik, saya mengeluarkan kamera saya dan menancapkan ke tripod yang telah berdiri tegak di posisi yang menurut saya paling baik. Saya melakukan sedikit setting di kamera dan sayapun mendapatkan foto diatas.

Credit :
Photo : Andana Paringga – @andanaparinggawww.andanaparingga.com
Video : Lif Kadarsih – @lifkadarsihwww.lifkadarsih.com

16 COMMENTS
  • alifsa
    Reply

    Banyutibo.. waw.. pingin berenang di pantai air biru muda gituuu.. seger..

    1. Admin
      Reply

      seger sih seger…tapi kalo ombaknya segede gitu ya jadi seger banget… 😀

  • angki
    Reply

    waaaaa videonya keyeeennn hehe mantap dah dua pasangan ini bikin ngiri lieerr euyy hahaha

    1. Admin
      Reply

      hehehe…masih kalah lah sama masternya…itu juga atas bimbinganmu suhu…makasih… 🙂

  • Sie-Thi Nurjanah
    Reply

    Cantiknya, sudut indah lain Indonesia….keren banget teknik pemotretannya gan ^_^

    1. Admin
      Reply

      makasih… 🙂
      keindahan Indonesia memang ga ada habisnya…tetap jaga lingkungan kunci semua ini dapat lestari… 🙂

  • Rullah
    Reply

    Wihhh ini tempat yang belum kesampean mau didatengin 🙂 Langsung mupeng 🙁 🙁

    1. Admin
      Reply

      Langsung meluncur Mas Rullah…tempatnya ga jauh… 🙂

  • Fahmi Anhar
    Reply

    keren mas videonya! belum pernah ke pacitan, semoga kapan2 bisa kesampaian 🙂

    1. Admin
      Reply

      Amin…recommended deh mas tempatnya…

  • lifkadarsih: just scribble
    Reply

    […] Pantai Banyu tibo […]

    1. Admin
      Reply

      Makasih “ping”-nya… 🙂

  • miss Risna
    Reply

    aaaaahhh… keren. berarti sebelum tahun ini habis kudu kesini ^^v

    1. Admin
      Reply

      iya Mbak Risna harus…deket kok…recommended pokoknya… 🙂

  • BaRT
    Reply

    Saya sudah lama dengar cerita tentang keindahan pantai ini. Dan setelah melihat keindahan foto yang mas buat, rasanya makin pengen main ke Pantai Banyu Tibo ini.

    Foto yang keren, begitupun videonya. Cool!

    1. admin
      Reply

      Makasih Mas Bart. Saat laut surut akan lebih keren lagi mas. Kita bisa turun ke pantainya dan menikmati air terjun dari bawah. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *