Blog

Pantai Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

Pantai Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
Pantai Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

Kemarin, Hari Minggu Tanggal 11 Januari 2015 saya berkesempatan untuk mengunjungi Pantai Kesirat yang berada di Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 45km dari Kota Yogyakarta. Untuk sampai di pantai ini saya harus melakukan perjalanan kurang lebih 1 jam melewati jalur selatan yang dimulai dari Terminal Giwangan Yogyakarta melewati Jalan Imogiri Barat, dilanjutkan jalan Imogiri-Siluk, lalu Jalan Siluk-Panggang. Jalur yang harus dilewati hampir sama dengan jalur untuk mencapai Pantai Gesing, hanya saja sebelum sampai di Pantai Gesing kita harus berbelok ke arah barat hingga akhirnya sampai di Pantai Kesirat.

Pantai Kesirat tidak seperti pantai pada umumnya yang memiliki hamparan pasir dipinggirnya. Pantai ini hanya berupa tebing yang berbatasan langsung dengan laut lepas jadi kita tidak bisa menikmati suasana bermain pasir dan air di pantai ini. Pantai Kesirat biasa digunakan oleh para nelayan untuk memancing karena struktur pantai yang langsung jatuh ke laut lepas membuat posisi yang nyaman untuk memancing. Selain struktur pantainya, pantai ini juga memiliki ciri khas yaitu adanya pohon tunggal yang tumbuh di bibir tebing dan sering disebut Pohon Gebangkoro oleh masyarakat sekitar.

Pantai Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia
Pantai Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia

Saya tiba di pantai ini sekitar pukul 16.00 WIB sehingga suasana pantai masih sangat terang. Saya menyempatkan beberapa menit untuk berkeliling agar saya dapat menentukan posisi terbaik untuk menciptakan sebuah foto. Setelah memutuskan komposisi foto terbaik, saya tancapkan tripod di posisi tersebut sambil duduk menunggu matahari tenggelam dan menikmati suasana sore di alam bebas. Beberapa menit kemudian matahari sudah mulai tenggelam di laut lepas, cahaya kekuningan mulai muncul menghiasi langit sore itu. Sayapun tak butuh waktu lama untuk mendapatkan foto yang saya inginkan karena saya sudah siap dari awal. Gradasi warna kuning matahari berpadu dengan birunya langit melatarbelakangi keindahan pohon sebagai latar depan menciptakan suasana matahari terbenam yang sangat indah.

Simak juga cerita dari “travelmate”-ku disini >> http://lifkadarsih.com/pantai-kesirat/

22 COMMENTS
  • lifkadarsih: just scribble
    Reply

    […] Ohiya, ni dia ni foto landscape Pantai Kesirat dari iyunk nya enduk.. pastinya keren.. di sini […]

  • Risnadian
    Reply

    aaaaaaaahhh keren ini masnya. Lihat di blognya nyonyah mas e juga keren. jadi mikir tempat ini kayake cocok buat pre-wedding.haahahaha
    maaf kan saya yang selalu kalap lihat pantai … sekian komen saya

    1. Admin
      Reply

      He…berarti dah kenalan sama nyonyah no…he…
      Buat prewed ya? Wah cocok banget mbak…romantis abis…ayo mbak culik aku buat moto mbak Risna prewed disini…Tapi di pantai ini ga bisa mainan air lho mbak…tebing tinggi soalnya…he…

  • catatannobi
    Reply

    waaa malah udah duluan,, sesok meneh yo mas 😀

    1. Admin
      Reply

      waduh aku dikunjungi mas Alannobita Kriwil2…makasih mas…
      iya mas…kemarin iseng aja pengen blusukan…ayo kesini lagi mas…mumpung masih sepi…hihihi…jalannya gampang kok…dah gitu deket lagi…

  • angki
    Reply

    wahhh mesti baline peteng repet” hehehe atau malah ikutan nge camp bareng para pemancing mania mas andana??? hehe mantap hehe saya dulu ketemu monyet” kecee tapi mau di jepret malah pada kaburr duuuhh hehe… mantap dah master yg satu ini menyusul om YY josh inih.,,,,

    1. Admin
      Reply

      iya mas…pulang dah gelep banget…daripada nge-camp pasti bakal dingin banget…kebetulan pas kesini ga ketemu monyet mas…takut sama aku mungkin…hehehe…

      1. angki
        Reply

        hehe wah takut landscapernya bawa tripot hehe takut di pentung mas….

  • Telo_Gosonk
    Reply

    biyuhh,,, landscape e mingin i…

    1. Admin
      Reply

      wah isin aku kang…jik kalah lah karo macronane sampean…hehehe…

      1. Telo_Gosonk
        Reply

        lhah tapi kan aku gak iso nglanscape koyok ngunu,,, huaaaww

        1. Admin
          Reply

          Lha kui kan sakjane foto landscape…tapi saking tajeme di crop ngantek ketok laler wae jelas banget…hehehe…

  • Indah Jelita
    Reply

    Duh bagus banget hasil jepretannya……

    Boleh untuk moment penting sama Mas Andana. :’)

    1. Admin
      Reply

      Hehehe…boleh banget mbak…apalagi mau moment penting di pantai ini…keren banget pasti… :’)

  • BImo
    Reply

    Halo bang! Nice feed, thanks. Keep Sharing. By the way, boleh tau foto nya pake kamera apa?

    1. Admin
      Reply

      Makasih kunjungannya bang Bimo, kalau ngomongin peralatan update terus sih tapi kalo foto di Pantai Kesirat ini aku pakai Canon EOS 40D… 🙂

  • rifki
    Reply

    Mas itu jalurnya bisa dilewati kendaraan roda 4?
    Akses mau kepantai kesirat aman gak mas?

    1. Admin
      Reply

      Untuk aksesnya bisa dilewati roda 4 kok Mas Rifki…cuma memang medannya ga mulus…makasih dah mampir… 🙂

  • piknikdong
    Reply

    Tullisannya keren kak, jika berkenan jadi tamu nulis di Piknikdong kak 🙂 jika mau hub ke email kita ya 🙂 salam kenal

    1. admin
      Reply

      Wah bangga sekali kalau bisa jadi tamu nulis di piknikdong.com 🙂

  • Levina Mandalagiri
    Reply

    Saya belum bisa fotografi, masih jeprat-jepret asal. Duh, mau belajar kok ngga nyangkut2 ya Mas.
    Bagus-bagus nih fotonya. Keren.
    Pantai Kesiratnya juga cakep.

    1. admin
      Reply

      Makasih mbak. Saya juga masih belajar kok Mbak Levina. Semakin sering motret bakal semakin bagus pastinya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *