Blog

Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta, Indonesia
Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta, Indonesia

Pantai Parangkusumo sebenarnya memiliki jarak yang cukup dekat dari Kota Jogja karena hanya membutuhkan sekitar 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, namun saya sendiri justru baru pertama kali mampir ke pantai ini. Pantai ini memang sedikit tersisih oleh pantai disebelahnya yang lebih terkenal yaitu Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Karena saya datang pada Hari Minggu tepatnya tanggal 25 Januari 2015, tentu kedua pantai tersebut mengalami lonjakan pengunjung sehingga saya memutuskan untuk berkunjung ke pantai yang lebih sepi untuk mendapatkan foto pemandangan yang maksimal. Keputusan saya jatuh pada Pantai Parangkusumo yang terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nuansa sakral sangat terasa saat memasuki kawasan Pantai Parangkusumo karena di pantai ini dipercaya merupakan jejak sejarah Panembahan Senopati. Setiap tahun juga diadakan labuhan yang diadakan oleh Keraton Yogyakarta untuk peringatan kelahiran Sultan yang berkuasa. Secara umum pantai ini sama dengan pantai-pantai lain yang memiliki garis pantai berupa pasir hitam dan ombak besar khas laut selatan. Tidak ada batas jelas antara Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo sehingga pengunjung Pantai Parangtritis-pun dapat terlihat dengan jelas dari Pantai Parangkusumo.

Saya tiba di pantai ini pukul 17.00 WIB sehingga matahari sudah hampir tenggelam di ufuk barat. Saya tidak punya banyak waktu untuk menjelajah pantai ini terlebih dahulu sehingga saya langsung mengeluarkan tripod dan kamera saya lalu segera mengambil foto pemandangan sebaik mungkin. Kebetulan cuaca sore itu sangat mendukung sehingga saya tidak menemukan banyak kesulitan dalam menghasilkan foto yang indah.

3 COMMENTS
  • angki
    Reply

    wah cetar bikin senut” aja mas kapan nih ada FNlandscpae holic jogja kumpul dtgu dah event keren FN mantap

    1. Admin
      Reply

      Ayo landscapean bareng aja dulu…dikerahkan masanya Mas Angki…

      1. angki
        Reply

        wah insyaAllah ms semoga kerjaan pada kelar bisa bener” heppy landspaean hehe….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *