Blog

Pantai Pintu Kota, Ambon, Maluku, Indonesia

Pantai Pintu Kota, Ambon, Maluku, Indonesia
Pantai Pintu Kota, Ambon, Maluku, Indonesia

Setelah hari sebelumnya saya bersama teman-teman dari APC (Amboina Photo Community) dan Om Arbain Rambey (Pewarta Foto Senior Kompas) berkesempatan memotret arsitektur dan pemandangan matahari terbenam di Jembatan Merah Putih, kali ini saya melanjutkan perjalanan ke pantai yang juga menjadi ikon Kota Ambon. Ya, saya akan berkunjung dan berburu foto di Pantai Pintu Kota.

Minggu, 15 Mei 2016 saya mendapat kesempatan untuk mengunjungi pantai yang sudah saya idam-idamkan sejak lama ini. Pantai Pintu Kota namanya. Pantai ini memiliki ciri khas berupa batu karang yang berlubang menyerupai sebuah pintu atau gerbang dan berada di ujung Teluk Ambon.

Saya berangkat dari hotel tempat saya menginap sekitar pukul 04.30 WIT. Pantai Pintu Kota berjarak sekitar 16 km dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Setelah keluar dari pusat kota, penerangan jalan yang sangat minim membuat saya beberapa kali salah jalan sehingga harus berputar-putar terlebih dulu sebelum akhirnya sampai di pantai ini.

Sesampainya di Pantai Pintu Kota, tiba-tiba rintik hujan mulai turun. Saya kaget dan sedikit kecewa mengingat kemarin cuaca sangat cerah namun di hari yang berharga ini tiba-tiba cuaca berubah. Rasa khawatir pun mulai muncul karena takut tidak dapat menikmati keindahan alam pantai ini. Kekhawatiran saya bertambah karena hari itu merupakan hari terakhir saya berada di Ambon karena siang harinya saya sudah harus kembali ke Jogja.

Sambil berteduh di sebuah warung yang masih tutup, saya coba mengobrol dengan driver yang telah mengantar saya hari itu. Pak Peter namanya. Beliau banyak bercerita tentang Ambon sehingga pengetahuan saya tentang Ambon pun banyak bertambah. Mulai dari oleh-oleh khas Ambon, pariwisata Ambon, hingga keberhasilan pemerintah dalam menjaga kondisi Ambon menjadi sangat kondusif seperti sekarang ini setelah konflik yang pernah terjadi di Ambon pada tahun 1999 sampai tahun 2002.

Pukul 05.30 WIT suasana sudah semakin terang dan saya sangat bersyukur hujan juga mulai reda. Dengan bermodalkan jas hujan saya mulai menyusuri anak tangga untuk turun ke bibir pantai. Langkah saya penuh semangat ditengah gerimis hujan hari itu. Saya sudah sangat tidak sabar untuk segera sampai dan menikmati pemandangan Pantai Pintu Kota.

Tak perlu berjalan lama saya sudah sampai di pinggir pantai. Dan Wow, akhirnya saya sampai di Pantai Pintu Kota Ambon. Saya sangat antusias dan langsung mengeluarkan tripod serta kamera saya untuk segera berburu keindahan di pantai ini. Meskipun matahari masih tertutup awan mendung, namun justru membuat pemandangan pantai ini semakin memukau.

Karena pantai ini langsung menghadap Laut Banda maka ombak besar dan batu karang tajam mendominasi pantai ini. Lubang besar di batu karang menjadi fokus utama foto yang ingin saya ambil. Cuaca yang masih sedikit gelap membuat kecepatan rana kamera saya rendah sehingga saya dapat merekam pergerakan ombak dan menciptakan kesan lembut dan damai. Tripod kokoh dan kabel pelepas rana wajib dibawa disaat seperti ini agar kamera tidak mengalami goncangan dan foto yang terekam pun tetap tajam.

Setelah puas berfoto ria di Pantai Pintu Kota yang keren ini, saya bergegas kembali ke hotel karena saya harus segera melanjutkan perjalanan kembali ke kota tercinta Jogja. Terima kasih Allah sudah mengijinkanku menikmati keindahan alam ciptaanMu di Kota Ambon yang sangat mempesona ini.

12 COMMENTS
  • Nasirullah Sitam
    Reply

    Huahuahua itu air bisa kayak kapas mas. Ngeri berarti bawaannya haahhahahahha. Salut untuk foto ini 🙂

    1. admin
      Reply

      Hehehe. ya maklum mas baru pertama kali ke Ambon. Jadi peralatan perang keluar semua. hihihi.

  • Alris
    Reply

    Saya sudah setahun di Ambon tapi belum sempat ke pantai Pintu Kota. Kalau jembatan merah putih tiap hari saya memandangnya. Soalnya tepat gawe saya persis disamping jmp.
    Mudah-mudahan lebaran tahun ini bisa ke pantai Pintu Kota.
    Foto sampeyan keren.

    1. admin
      Reply

      Makasih mas. Semoga segera kesampaian nyampe Pantai Pintu Kota. Naik ojek juga murah kok. Oh tugas di dekat JMP tho Mas Alris. Wah harusnya kemarin bisa kopdar ya. hehehe.

  • Chocky Sihombing
    Reply

    wah, foto di pantai Pintu Kota nya kok jadi ajib gitu yaaa?? mantap nih! waktu ke pantai ini siang-siang hari gitu sih, dan ga bawa tripod jg sih.. akhirnya cuma main2 slow speed di karang2 kecilnya aja, hehehe….

    1. admin
      Reply

      Oh ya, emang buat ngakalin kalau ga bawa tripod kita harus nyari tumpuan yang kokoh buat naruh kamera. hehehe. Besok diulang lagi mas Chocky dan jangan lupa bawa tripod. 😀

  • cumilebay
    Reply

    Foto nya selalu cetar yaaa, gw juga ke tempat ini tapi cuman foto2 narsis doang hahaha

    1. admin
      Reply

      Hehehe. Makasih mas udah mampir ke blog sederhanaku. Yang penting justru itu mas. Aku kesini sendirian jadi ga ada yang motoin buat narsis. 🙁

  • Baktiar Sontani
    Reply

    Ambon memang punya lokasi-lokasi yang ciamik untuk foto landscape, mau di darat ataupun di dalam lautnya

    1. admin
      Reply

      Bener banget Mas Baktiar. Seandainya punya waktu lebih buat menjelajah Ambon lebih dalam.

  • Sie-thi Nurjanah
    Reply

    Hasil foto yg kereeen.
    Timur Indonesia memang menakjubkan indahnya

    1. admin
      Reply

      Bener banget Mbak Siti…Ga pernah cukup waktu cuti buat eksplore Indonesia bagian timur… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *