Blog

Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia

Sabtu, 23 April 2016 silam saya bersama tim mendapat tugas untuk mengkoordinasi dan mendokumentasikan acara coaching clinic yang disenggarakan oleh Fotografer.Net bersama Telkomsel. Kali ini coaching clinic diadakan di Kota Banjarmasin dengan pemateri Om Oscar Motuloh yang merupakan Kepala Divisi Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara. Tema yang diusung serta nama besar Om Oscar Motuloh merupakan daya tarik tersendiri sehingga banyak fotografer dari Banjarmasin yang datang dan dengan antusias mengikuti acara hingga selesai.

Keesokan harinya kami sudah harus kembali ke kota masing-masing, namun sebelum jadwal keberangkatan kami sempatkan waktu sejenak untuk berburu foto bersama. Dari awal kami memang sudah berencana untuk memotret di Pasar Terapung Lok Baintan yang terkenal dan menjadi ciri khas Kabupaten Banjar.

Kami berangkat dari hotel sekitar pukul 04.00 WITA dan menempuh perjalanan darat sekitar 1 jam sebelum sampai di dermaga pinggir Sungai Jingah yang juga terdapat Warung Soto Bang Amat. Dari sini kami melanjutkan perjalanan menggunakan Kelotok (kapal kecil) sekitar 45 menit hingga akhirnya sampai di lokasi Pasar Apung Lok Baintan.

Setibanya di pasar, ternyata sudah ramai masyarakat yang berkumpul dan melakukan transaksi jual-beli dari atas perahu. Pemandangan yang tentu sangat jarang saya jumpai. Banyaknya interaksi dan moment yang terjadi di pasar ini membuat banyak kemungkinan untuk mendapat foto human interest yang menarik. Berbagai buah, sayur, ikan dan kebutuhan lainnya dijual di pasar ini. Sesekali kami pun membeli makanan ringan dan minuman sekedar untuk mengganjal perut karena belum sempat sarapan sebelum berangkat.

Om Oscar Motuloh saat berburu foto di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 08.00 WITA, waktu kami sudah habis karena kami harus segera ke bandara untuk pulang ke kota masing-masing. Kami putar balik kapal dan kembali ke dermaga dimana mobil kami parkir. Karena waktu yang tidak memungkinkan, kami tidak sempat mencicipi Soto Banjar seperti rencana awal. Kecewa sudah pasti, tapi semua terbayar apabila mengingat pengalaman hunting foto tadi. Sungguh suatu pengalaman yang luar biasa bagi saya bisa hunting foto bersama Om Oscar Motuloh.

4 COMMENTS
  • DoNurdians

keren banget itu fotonya. salut banget. terus berkarya ya gan

1. admin

Siap. Terima kasih Mas Doni. 🙂

• Alid Abdul

Aduh waktu ke Banjarmasin saya kesiangan jadi melewatkan pasar terapung yang terkenal itu T__T

1. admin

Iya memang pasar ini cuma ada dari subuh sampai jam 8 doang. Jadi walau malamnya harus tidur larut karena ngobrol sama teman-teman di Banjarmasin, tapi pagi sebelum subuh harus tetap bangun biar ga ketinggalan moment. 🙂